Kadis DPMD: Program Inovasi Desa Resmi Diluncurkan di Sumba Timur

Sumba Pembaharuan   |   Ekonomi  |   Jumat, 05 Januari 2018 - 00:25:07 WIB   |  dibaca: 801 kali
Kadis DPMD: Program Inovasi Desa Resmi Diluncurkan di Sumba Timur

Waingapu, Sumbapembaharuan.net – Program Inovasi Desa (PID) salah satu program kerjasama Bank Dunia dan Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan LOAN No: IBRD 8217 ID, Program PID dilakasanakan oleh Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) provinsi NTT.

“Program PID telah diimplementasikan oleh DPMD Kabupaten Sumba Timur melalui tim inovasi kabupaten dan tim program inovasi desa (TPID) di kecamatan,” kata Kepala DPMD Kabupaten Sumba Timur, Yakobus Yiwa ketika dikonfirmasi Sabtu (30/12/2017).

Menurut dia, secara nasional program inovasi desa efektif berjalan sejak Agustustus 2017 sampai dengan Desember 2018 akan datang sedangkan PID baru dapat dilaksanakan di Sumba Timur sejak November 2017 dengan pembentukan TPID di 22 kecamatan.

 “Kita mendorong optimalisasi pembangunan desa melalui dana desa sehingga kementerian desa PDTT luncurkan program inovasi desa (PID) disamping masih rendahnya SDM di desa maka kita terjunkan pendamping untuk membantu aparat desa dan warga desa dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan desa,”ungkapnya.

Dia menambahkan, di desa masih banyak mengalami keterbatasan kapasitas dalam pengelolaan dana desa itu yang menimbulkan kekhawatiran dana desa yang jumlahnya besar akhirnya dihabiskan tanpa kemajuan, sehingga PID lahir seperti apa program ini bagi desa.

“Kita berharap untuk mempercepat pembangunan desa akan terwujudnya kesejahteraan masyarakat dari Kemendes dan PID dapat mendorong desa menjadi kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal,”pungkasnya.

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook