Program Magang Mengaplikasikan Ilmu

Sumba Pembaharuan   |   Pendidikan  |   Senin, 30 April 2018 - 17:52:13 WIB   |  dibaca: 43958 kali
Program  Magang  Mengaplikasikan Ilmu

Acara Pembekalan Magang Prodi PAUD STKIP St.Paulus Ruteng

Ruteng. Mahasiswa semester enam Prodi PAUD STKIP St.Paulus Ruteng mengikuti Program Magang pertama. Kegiatan ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus diprogramkan oleh setiap Mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan. Melalui program Magang ini Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri kultur atau keadaan di Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 07/4/2018 dan 08/4/2018 di aula Roosmalen kampus STKIP St.Paulus Ruteng.

Ini adalah moment penting untuk menumbuhkan jati diri untuk mengembangkan  segala potensi sebagai guru PAUD. Magang menjadi aplikasi semua ilmu, juga bekal dalam menjalani karier sesungguhnya. Dengan magang dapat mengenal industri dan meningkatkan ketrampilan serta keahlian praktek kerja. Magang merupakan moment for empowerment (knowledge and skill) agar siap terjun ke dunia kerja” demikian penegasan  E.G.Megataran.MPd,  sebagai moderator berkesimpulan dalam pembekalan untuk Mahasiswa angkatan kedua Prodi itu.

Pada hari pertama, Sabtu,  07/4/2018, tampil sebagai pembicara Dr. Yohanes S. Lon, Ketua STKIP St. Paulus Ruteng  dengan materi: Magang dalam konteks Perguruan Tinggi pada(PT) yaitu suatu kesempatan yang dilakukan dengan bimbingan orang lain ( dalam pengawasan orang yang berpengalaman ).  Dalam konteks STKIP St.Paulus Ruteng beliau menuturkan.

“ Magang bagian dari kurikulum,  sesuai tuntutan dunia kerja. Dalam hal ini semua calon pekerja harus mampu langsung bekerja. Untuk itu PT. Wajib membina mahasiswa melalui magang yang terencana, sistimatis, terukur, efektif, akuntabel. Magang penting untuk pembentukan karakter mahasiswa. Magang sangat membantu mahasiswa bersaing dengan orang asing. Kemampuan kerja ( kompetisi) adalah hal yang utama dalam mendapatkan kerja, bukan hanya semata mata Ijazah” tuturnya.

Selain Ketua STKIP Ruteng pembicara berikutnya ialah Stephanus T..Rahmat selaku Ketua Prodi Paud membahas: Magang dalam konteks program studi yatu belajar sambil melakukan ( learning by doing)  Beliau menegaskan;

“ Kegiatan magang bertujuan memnagun jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik melalui; pengamatan langsung kultur dan management sekolah.  Pengamatan langsung aktifitas guru untuk membangun kompetensi sosial, kepribadian, pedagogik, dan profesionalisme. Pengamatan langsung untuk memperkuat pemahaman. Pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas. Refleksi pengamatan untuk perbaikan” tegasnya.

Selanjutnya pada hari kedua, minggu 08/4/2018 pembicara tunggal Ferdinanandus A.Sulaiman, M.Pd. membahas; persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program magang yang sudah tertuang dalam buku pedoman magang satu.

Kegiatan Magang pertama dilaksanakan pada semester enam selama dua minggu, terhitung 16 April sampai dengan 28 April 2018. Para mahasiswa/wi menyebar di Kabupaten Manggarai pada Kecamatan; Langke Rembong, Ruteng, Satar Mese, Satar Mese Barat, Wae Rii, Cibal dan Reo. Kabupaten Manggarai Barat; Kecamatan Kuwus dan Lembor. Kabupaten Manggarai Timur; Kecamatan Poco Ranaka.

SAMMY

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook