WARGA PROTES....

Sumba Pembaharuan   |   Lokal  |   Rabu, 26 Mei 2021 - 15:08:00 WIB   |  dibaca: 246 kali
WARGA PROTES....

Kantor Bupati SBD

WARGA PROTES KEPANITIAAN PILKADES DESA LOMBU 2021;

 NGONGO LEDE, dkk LAYANGKAN SURAT PENGADUAN?

 

SBD, SP

     Ngongo Lede ,dkk warga desa Lombu, kecamatan Wewewa Tengah,kabupaten Sumba Barat Daya membuat pengaduan dalam bentuk surat pengaduan tertanggal 15 mei 2021 yang tembusannya ke DPRD kabupaten Sumba Barat Daya memprotes kepanitiaan pemilihan kepala desa Lombu,kecamatan wewewa tengah, kabupaten sumba barat daya tahun 2021 karena dinilai tidak adil dan disinyalir terdapat unsur politisnya.

"Kami menilai bahwa panitia pilkades Lombu,Wewewa Tengah,kabupaten Sumba Barat Daya tahun 2021 tersebut tidak adil dan disinyalir sdh ada unsur politisnya sehingga kami membuat pengaduan yang tembusannya ke DPRD kabupaten Sumba Barat Daya" ucap Ngongo Lede kepada media ini (sumba pembaharuan.net).

      Menurut Ngongo Lede, kepanitiaan pilkades Lombu tahun 2021 ini sudah bertentangan dengan perbup sumba barat daya pasal 18 ayat 1 dan 2, dimana diantaranya mengisyaratkan bahwa panitia yang dibentuk harus dari unsur tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dan kenyataannya dari 6 orang kepanitiaan tersebut tidak satu pun unsur tokoh masysrakat dan tokoh agama yang mewakilinya.

     Untuk sekedar diketahui bahwa kepanitiaan pilkades Lombu tahun 2021 ini terdiri dari satu orang guru honorer, satu orang baru tamat kuliah, dan empat lainnya berasal dari unsur aparat desa Lombu.

    Menanggapi hal tersebut, salah seorang tokoh wilayah Loura yang juga adalah salah satu anggota DPRD kabupaten Sumba Barat Daya saat ini, Loba Geli yang biasa disapa pak LPM tersebut mengatakan bahwa hal tersebut adalah sah-sah saja, asalkan unsur panitianya bukan berasal dari luar wilayah desa Lombu. Peristiwa tersebut akan menjadi sebuah persoalan apabila kepanitiaannya berasal dari luar desa Lombu."

    Sementara itu, Theofilus Natara,kadis inspektorat kabupaten sumba barat daya ketika dikonfirmasiakan adanya protes (aduan,red.) dari warga desa Lombu tersebut meresponnya secara positif. " kalau dari kami sangat setuju dengan adanya pengaduan warga masyarakat tersebut. Namun surat pengaduan tersebut belum sampai ke kami.", katanya pula.

     Menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat Lombu tersebut, Lukas Malo Bulu, mantan kades Lombu periode 2015-2021 yang saat ini maju lagi sebagai calon kades Lombu tahun 2021 ini, enggan berkomentar. "Untuk sekarang, saya tidak mau dikonfirmasi." katanya. Boy/sp

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook