Diduga Proyek Abal abal

Sumba Pembaharuan   |   Nasional  |   Rabu, 25 Mei 2022 - 23:21:22 WIB   |  dibaca: 128 kali
Diduga Proyek Abal abal

Proyek tidak ada pemasangan papan informasi proyek

DIDUGA PROYEK ABAL ABAL BERMUNCULAN DI SUMBA TIMUR

Melolo, SP

Sungguh sangat memprihatinkan, banyak proyek yang di duga proyek abal abal bermunculan saat ini, proyek dikerjakan terkesan asal asalan dan diduga tidak memenuhi standar operasional, karena papan proyek yang menjadi acuan masyarakat dalam memberikan kritik, koreksi dan masukan tidak dipasang, hal ini di duga dibuat diduga ada unsur kesengajaan agar masyarakat tidak bisa memantau proses pekerjaan tersebut secara ril, seperti proyek penimbunan bahu jalan yang berada sepanjang jalan lintas Waingapu-Melolo, atau lebih tepatnya dari area jalan Watumbaka(Waingapu).

Wartawan media ini sempat memantau kegiatan proyek tersebut dan sempat mengkonfirmasi salah seoarang warga yang mengaku bernama Iron yang kebetulan berada di area tersebut, ketika ditanya terkait proyek yang tidak memasang papan informasi proyek, menurutnya ia juga sangat sesalkan dengan tindakan pihak kontraktor yang tidak mau adanya keterbukaan dengan publik terkait sumber anggaran dan dana yang dikelola dalam pekerjaan proyek tersebut sehingga tidak mau memasang papan informasi proyek tersebut, padahal menurutnya anggaran pembuatan papan informasi sangat murah meriah, dan bisa dibuat pakai baliho saja yang lebih praktis katanya, namun aneh juga kalau tidak bisa dibuat, kecuali memang ada unsur kesengajaan katanya.

Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU Keterbukaan publik ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang warga masyarakat Watumbaka yang namanya tidak mau dipublikasikan, menurutnya di era keterbukaan saat ini, sudah semestinya pihak kontraktor harus adanya keterbukaan, sehingga bisa diminimalisir tingkat kecurangan dilapangan paparnya.

Apa pun adanya, dalam proses pekerjaan proyek seperti ini sudah harus ada keterbukaan, salah satunya dengan pemasangan papan informasi proyek, dengan adanya papan informasi tersebut akan dengan mudah masyarakat memantau terkait kwalitas dan mutu dari pekerjaan tersebut apakah sudah sesuai dengan skedul pekerjaan atau tidak, dan sangat diharapkan pemerintah yang berkompeten dalam mengevaluasi pekerjaan proyek tersebut bisa memberikan teguran atau sanksi buat kontraktor yang tidak memasang papan informasi proyek. PM, SP

 

Profil Sumba Pembaharuan

Sumba Pembaharuan

hi ....

Web Master dari Erdo.wgp@gmail.com

Jl. H. R. Horo 22 Matawai Waingapu Sumba Timur NTT

Hubungi kami di 0823 4014 5111


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook